Materi Sistem Bus
Thursday, November 7, 2013 @ 4:59 PM | 0 Comment Box(s)
1. Pengertian
Apa Itu Sistem Bus ?
Sistem Bus Adalah Penghubung Bagi Seluruh Komponen Komputer ( Processor, Memory, Dan Device I/O ) Dalam Menjalankan Tugas - Nya.
2. Fungsi Sistem Bus
Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Oleh Sistem Bus?
Sistem Bus Dapat Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini :
- Menjadi Perantara Dalam Pengaksesan Dan Penngeksekusian CPU Terhadap Data Atau Program Yang Tersimpan Dalam Memori
- Untuk Melihat Hasil Eksekusi Melalui Layar Monitor
3. Struktur Interkoneksi
Struktur Interkoneksi Adalah Kumpulan Saluran Berbagai Modul Seperti CPU, Memory, Dan Device I/O. Struktur Interkoneksi Bergantung Pada 2 Aspek, Yaitu :
Dalam Jenis Data, Dibagi Menjadi 3, Yaitu :
- Memory
- Modul I/O
- CPU
- Memory Ke CPU
CPU Melakukan Pembacaan Data Maupun Instruksi Dari Memory
- CPU Ke Memory
CPU Melakukan Penulisan Maupun Penyimpanan Data Maupun Instruksi Ke Memory
- I/O Ke CPU
CPU Membaca Data Dari Peripheral Melalui Modul I/O
- CPU Ke I/O
CPU Mengirimkan Data Ke Peripheral Melalui Modul I/O
- I/O Ke Memory
Dapat Digunakan Pada Sistem DMA
- Memory Ke I/O
Dapat Digunakan Pada Sistem DMA
4. Struktur Interkoneksi Sistem Bus
Sistem Bus Merupakan Salah Satu Struktur Interkoneksi Yang Paling Banyak Digunakan Seiring Perkembangan Struktur Interkoneksi. Sistem Bus Dapat Digunakan Secara Tunggal Maupun Jamak Tergantung Pada Karakteristik Sistem - Nya. Bus Merupakan Lintasan Komunikasi Yang Menghubungkan Dua Atau Lebih Komponen Komputer. Bus Memiliki Sifat Penting Yang Merupakan Syarat Utama, Yaitu Sebagai media Transmisi Yang Dapat Digunakan Bersama ( Diperlukan Aturan Main Agar Tidak Terjadi Tabrakan Atau Kerusakan Data Yang Ditransmisikan, Yaitu : Dalam Satu Hanya Ada Sebuah Perangkat Yang Dapat Menghubungkan Sistem Bus ) Oleh Sejumlah Perangkat Yang Terhubung Kepada - Nya. Sebuah Bus Memiliki Struktur Yang Biasa - Nya Terdiri Dari Beberapa Saluran, Contoh : Bus Data Yang Terdiri Dari 8 Saluran, Berarti Dalam Satu Waktu Dapat Mentransfer 8 Bit Data.
Berdasarkan Fungsi Saluran Bus, Bus Dapat Dikategorikan Dalam 3 Macam :
- Saluran Data ( Data Bus )
Saluran Ini Digunakan Untuk Lintasaan Bagi Perpindahan Data Antar Modul. Umum - Nya Jumlah Saluran ( Lebar Bus ) Terkait Dengan Panjang Word, Misal - Nya 8, 16, Dan 32 Saluran. Memiliki Tujuan Agar Mentransfer Word Dalam Sekali Waktu.
- Saluran Alamat ( Address Bus )
Saluran Ini Digunakan Untuk Menspesifikasi Sumber Dan Tujuan Data Pada Data Bus, Mengirim Alamat Word Pada Memori Yang Akan Diakses CPU, Serta Sebagai Saluran Alamat Perangkat Modul Komputer Saat CPU Mengakses Suatu Modul. Semua Peralatan Yang Terhubung Dengan Sistem Komputer Agar Dapat Diakses Harus Memiliki Alamat Hardware - Nya. Contoh : Printer Dan Port I/O.
- Saluran Kontrol ( Control Bus )
Saluran Ini Digunakan Untuk Mengontrol Data Bus, Address Bus Serta Seluruh Modul Yang Ada. Alasan Kenapa Ada Bus Control, Yaitu Karena Data Bus Dan Address Bus Digunakan Oleh Semua Komponen, Maka Diperlukan Suatu Mekanisme Kerja Yang Dikontrol Oleh Control Bus Ini Agar Bisa Berjalan Dengan Baik. Saluran Kontrol Ini Terdiri Atas Dua Sinyal, Yaitu :
- Memory Write
- Memory Read
- I/O Write
- I/O Read
- Transfer ACK
- Bus Request
- Bus Grant
- Interrupt Request
- Interrupt ACK
- Clock
- Reset
3 Saluran Di Atas Dapat Digambarkan Dalam Gambar Pola Interkoneksi Bus Berikut :
5. Prinsip Operasi Bus
Bus Memiliki 2 Prinsip Dalam Kinerja - Nya, Yaitu :
- Prinsip Pengiriman Data Ke Modul Lain
- Meminta Penggunaan Bus
- Apabila Telah Disetujui, Maka Modul Akan Memindahkan Data Yang Diinginkan Ke Modul Yang Dituju
- Prinsip Pengambilan Data Dari Modul Lain
- Meminta Penggunaan Bus
- Mengirim Request Data Yang Diinginkan
- Menunggu Modul Lain Mengirimkan Data Yang Diinginkan
6. Hierarki Multiple Bus
Dalam Hierarki Multiple Bus, Bila Terjadi Terlalu Banyak Modul Atau Perangkat Yang Dihubungkan Ke Bus, Maka Akan Terjadi Penurunan Kerja. Hal Ini Disebabkan Karena Beberapa Faktor Berikut :
- Semakin Besar Delay Propagasi Untuk Mengkoordinasikan Penggunaan Bus
- Antrian Bus Semakin Panjang
- Dimungkinkan Habis - Nya Kapasitas Transfer Bus Sehingga Memperlambat Data
7. Arsitektur Bus Jamak
Dalam Arsitektur Bus Jamak, Dapat Dibagi Menjadi Dua Macam, Yaitu : Arsitektur Bus Jamak Tradisional Dan Arsitektur Bus Jamak Kinerja Tinggi. Berikut Gambar - Nya :
Berikut Penjelasan - Nya :
Dalam Arsitektur Bus Jamak, Baik Tradisional Maupun Kinerja Tinggi, Processor, Cache Memory, Dan Main Memory Terletak Pada Bus Tersendiri Pada Level Tertinggi Karena Modul - Modul Tersebut Memiliki Karakteristik Pertukaran Data Yang Tinggi
Pada Arsitektur Bus Berkinerja Tinggi, Modul - Modul I/O Diklasifikasikan Menjadi Dua :
- Modul Yang Memerlukan Data Berkecepatan Tinggi Yang Dihubungkan Dengan Bus Berkecepatan Tinggi
- Modul Yang Memerlukan Data Berkecepatan Rendah Yang Dihubungkan Dengan Bus Berkecepatan Rendah
- Bus Berkecepatan Tinggi Lebih Terintegrasi Dengan Processor
- Perubahan Pada Arsitektur Processor Tidak Begitu Mempengaruhi Kinerja Bus
- Jelaskan Struktur Antar Hubungan Dan Beri Contoh - Nya ?
- Apa Saja Yang Menjadi Faktor Penurunan Kinerja Bus Jika Terlalu Banyak Perangkat Yang Dihubungkan Ke Bus ?
Attention !!! :-) :-) :-)
- Put Your Link Or E-mail, And Real Nick Name
- Ask Something, Request Tutorial / Freebies?
- I Will Answer Your Mes On Your Blog Or Your E-Mail Or My Facebook Page(http://www.facebook.com/kormakka?ref=hl)
- And No Harsh Word!
- Keep Smiling :-) :-):-)
Labels: Arsitektur Kom.